Senin, 29 Juli 2019

Gerak Pada Tumbuhan

Pernahkah kamu lihat tumbuhan bergerak? Hmm...pasti serem juga ya kalau kalian sempat lihat tumbuhan ada yang berjalan kayak manusia. Tetapi faktanyanya tumbuhan itu juga bergerak, tetapi gerakannya tentu tidak sama dengan manusia atau hewan.


Nah, artikel ini akan mengupas habis mengenai gerakan yang dialami oleh tumbuhan. Jadi, baca sampai habis ya agar kalian mengerti materi ini!

Secara umum, gerak pada tumbuhan dibedakan menjadi 3 macam yaitu gerak endonom, gerak higroskopis dan gerak esionom. Sepertinya istilah ini jarang kalian dengar ya! Berikut penjelasan lengkapnya.

Gerak endonom
Gerak endonom adalah gerak pada tumbuhan yang terjadi secara spontan dan tidak diketahui penyebabnya. Dapat dikatakan juga bahwa gerak ini tidak memerlukan rangsangan dari luar. Diduga bahwa rangsangan berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri.

Contohnya :
1. Gerak pertumbuhan daun. Daun yang awalnya kecil akan tumbuh memanjang dan melebar seiring dengan waktu. Pergerakan melebar dan memanjangnya daun tidak memerlukan rangsangan dari luar dan terjadi dengan sendirinya.

2. Gerak rotasi sitoplasma pada sel – sel daun. Gerak ini disebut juga siklosis dimana sitoplasma bergerak mengelilingi inti sel tanpa ada rangsangan dari luar. Perhatikanlah gambar berikut ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hipertensi dan hipotensi

Pengertian Hipertensi tekanan darah tinggi adalah kondisi saat tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi ini dapa...